Kehadiran software akuntansi tentunya memudahkan setiap usaha dalam mengelola keuangan. Meskipun Anda menganggap usaha yang Anda jalankan masih cukup kecil, dan jumlah transaksi belum begitu banyak, namun mempersiapkan software akuntansi di awal menjadi salah satu investasi berharga untuk bisnis Anda di masa depan. Lalu, bagaimana memilih software akuntansi untuk bisnis UMKM?

Sebagai pengusaha UMKM, Anda harus memilih software akuntansi yang cocok digunakan pada bisnis Anda. Sebab, software akuntansi cukup banyak jenisnya dan disesuaikan dengan kebutuhan usaha atau bidang perusahaan Anda. Jika perusahaan manufaktur memiliki jenis software tersendiri, jika perusahaan dagang pun memiliki software akuntansi tersendiri pula. Sehingga Anda bisa memilih software akuntansi yang sesuai pada usaha Anda.

Mengapa Harus Memilih dan Menggunakan Software akuntansi?

Pertanyaan yang sering muncul dari para pengusaha UMKM adalah mengapa harus memilih dan menggunakan software akuntansi? Dengan bantuan software akuntansi akan membuat Anda lebih mudah dalam melihat pergerakan uang dan memantau kondisi kesahatan keuangan usaha Anda.

Sebab, kehadiran software akuntansi akan memudahkan dalam membuat variasi laporan keuangan dan bisa Anda gunakan sewaktu-waktu untuk membantu Anda dalam menganalisis performa bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini jarang diketahui para pengusaha yang hanya memikirkan keuntungan semata.

Bagaimana Memilih Software Akuntansi ?

Dalam memilih software akuntansi untuk bisnis UMKM akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Sebab Anda harus benar-benar dapat memilih software yang sesuai dengan kebutuhan bisnis milik Anda. Namun ada beberapa hal penting yang harus menjadi pertimbangan dalam memilih software tersebut.

Pertimbangan Memilih Software Akuntansi

Berapa Harga?

Hal pertama yang harus Anda pikirkan dalam memilih software akuntansi untuk bisnis UMKM adalah harga. Seberapa besar cost yang Anda miliki untuk membeli software akuntansi tersebut. Ingat bisnis Anda masih kecil, dan Anda harus mempertimbangkan masalah harga dengan matang. Jika Anda membeli yang lebih mahal, apakah sesuai dengan budget dan sesuai dengan kebutuhan? Jika tidak, maka tidak perlu beli yang mahal.

Faktor Kegunaan Dalam Memilih Software Akuntansi?

Dalam memilih software akuntansi yang sesuai dengan kegunaannya ada beberapa faktor pertimbangan yang harus Anda ketahui sebagai pebisnis. Seperti dimana Anda harus menggunakan software tersebut, software akuntansi apa yang Anda butuhkan. Apakah memilih software akuntansi dalam bentuk offline yang hanya bisa digunakan pada desktop dan penyimpanannya pun pada penyimpanan desktop. Atau Anda ingin memakai software akuntansi yang berbasis online dengan media penyimpanan di cloud?

Hal tersebut harus Anda pikirkan secara matang. Selain hal itu, kegunaan lain dalam memilih software akuntansi untuk bisnis UMKM adalah siapa saja yang akan menggunakan software tersebut. Umumnya software akuntansi dipengaruhi oleh tiga faktor, seperti:

Multiuser access, Anda harus tahu siapa saja yang diperbolehkan untuk membuka data keuangan usaha Anda. Hal ini harus menjadi pertimbangan Anda sebagai pemilik usaha.

Media Penyimpanan, Saat ini sudah banyak pengusaha UMKM yang memilih software akuntansi online. Salah satunya adalah Accurate Online (AOL). Sebab, AOL bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Karena online, dan penyimpanannya berbentuk cloud.

Bahkan ketika Anda sedang malas menuju tempat usaha dikarenakan macet, Anda tetap bisa mengaksesnya melalui sambungan internet dari rumah. Atau saat Anda sedang berada di luar kota pun Anda bisa memantau perkembangan usaha Anda.

Fitur yang Dibutuhkan Bisnis Anda?

Semua software akuntansi yang Ada memiliki berbagai fitur. Kesemua fitur tersebut dapat digunakan, tergantung dari permintaan dan kebutuhan Anda. Namun, tidak semua fitur akan sangat cocok digunakan pada bisnis Anda. Hal ini harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih software akuntansi untuk bisnis UMKM.

Namun ada beberapa fitur yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih software akuntansi untuk bisnis yang sedang Anda jalankan. Yaitu:

Fitur dasar akuntansi, fitur dasar umumnya sangat cocok digunakan oleh semua bisnis, terutama bisnis kecil. Sebab, dapat mencetak faktur, melihat biaya masuk dan keluar, pembuatan laporan keuangan, serta data pelanggan.

Tetapi jika usaha Anda menjual banyak produk, seperti sebagai distributor produk sembako, maka Anda membutuhkan fitur untuk data produk. Sehingga Anda dapat melacak pergerakan barang masuk dan keluar.

Membuat Laporan Pajak, dalam memilih software akuntansi untuk bisnis UMKM fitur lain yang Anda butuhkan dan tak boleh terlupakan adalah fitur untuk laporan pajak. Sebab tidak semua software akuntansi yang ada menyediakan fitur ini. Bahkan jika Anda memiliki software akuntansi vendor luar negeri, maka bentuk e-faktur pajaknya pun akan berbeda dengan sistem perpajakan di Indonesia.

Jika Anda ingin mendapatkan software akuntansi yang memudahkan Anda dalam membuat e-faktur dan sesuai dengan pajak di Indonesia, maka Anda harus menggunakan Accurate Software. Karena Accurate sudah sangat cocok untuk membuat laporan pajak.

Jangan salah memilih software akuntansi, sebab dapat berakibat fatal. Itulah tips yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih software akuntansi untuk bisnis UMKM, agar Anda tidak salah memilih software akuntansi.